Loading...
Wednesday, October 05, 2011

CARA MEMASANG SOFT LENS


VIDEO CARA PAKAI SOFT LENS

 liat kesini untuk cara pasang dan lepas--->http://www.youtube.com/watch?v=2l1hLo9MaQY&feature=related

cara pasang softlens

Ketika pertama kali menggunakan lensa kontak mungkin Anda mengalami sedikit kesulitan dalam memasangnya. Namun lama kelamaan Anda akan terbiasa & semakin sigap menggunakannya. Untuk pemakai baru sebaiknya mengikuti jadwal sbb: Hari pertama soft lens sebaiknya digunakan maksimal 4 jam, hari kedua sampai keenam, lama penggunaan dapat ditingkatkan masing-masing 2 jam, mulai hari ketujuh dst soft lens bisa digunakan sepanjang hari (namun disarankan agar dilepas sewaktu tidur)


Langkah - langkah pemasangan :
  • Cuci tangan dengan sabun lembut, pastikan sudah bebas dari lotion, deodoran, atau parfum yang akan bisa merusak softlens atau membuatnya tidak nyaman dipakai. Jika berniat memakai softlens di depan wastafel, sebaiknya tutup dahulu lubang pembuangan di wastafel.
  • Keringkan tangan dan jari - jari. Softlens akan bisa mendatar (terutama yang sangat tipis) jika jari tangan dalam keadaan basah.
  • Ambil satu lensa dari tempatnya, letakkan di ujung jari telunjuk dengan lengkungan lensa menghadap ke atas. Periksa dengan seksama untuk memastikan lensa tidak dalam keadaan terbalik, ada sobekan atau kotoran.


Dengan menggunakan jari tengah (tangan yang sama dengan yang dipakai memegang lensa), tarik kelopak mata bagian bawah ke arah bawah.

Sambil melirikkan mata ke arah atas hingga bagian putihnya terlihat, letakkan lensa ke bagian putih mata tersebut secara lembut dan perlahan, lalu jauhkan jari telunjuk dari bola mata
.
  • Tutup mata pelan-pelan dan kedip-kedipkan sebentar. Lensa akan dengan sendirinya menempatkan diri di tengah kornea.
  • Lakukan dengan cara serupa untuk mata yang satunya lagi.
  • Bisa juga meletakkan lensa langsung ke arah kornea mata.
Langkah - langkah pelepasan :
  • Cuci tangan dengan sabun lembut dan keringkan.
  • Jika mata terasa kering, sebelum pelepasan tetesi mata dengan cairan lubricant (comfort drop).
  • Dengan menggunakan jari telunjuk, geserkan lensa ke arah bawah (ke bagian mata yang putih), lalu ambil lensa (dengan gerakan seperti mencubit secara lembut) dengan menggunakan telunjuk dan ibu jari, dan tarik keluar dari kelopak mata.
 Seringnya, para pemakai pemula sulit sekali menahan gerakan kelopak mata atas yang secara refleks menutup ketika ada suatu benda mendekati bolamata. Jika terjadi demikian, maka sebaiknya kelopak mata atas juga ditahan dengan telunjuk atau jari tengah tangan kiri. Tekan dengan lembut tepat pada bulu-bulu mata, kemudian tarik ke atas dan tahan. Dengan cara ini, gerak refleks kelopak mata atas akan tertahan dengan sebaik-baiknya.



Bagaimana cara melepas soft lens?

Langkah pertama

- Siapkan tempat/case soft lens yang bersih, MPS (Multi Purpose Solution), dan cermin
- Cucilah tangan Anda dengan sabun di air yang mengalir
- Keringkan dengan seksama

Langkah kedua
- Teteskan contact lens lubricant ke mata Anda untuk memudahkan Anda melepas soft lens Anda
- Buka kelopak mata dan tarik kelopak mata bagian bawah
- Geser soft lens dengan ibu jari dan jari telunjuk sehingga soft lens terlepas dari mata
- Jepit soft lens dengan ibu jari dan jari telunjuk sehingga soft lens terlepas dari mata

menyimpan softlens
* letakkan softlens ditelapak tangan lalu beri 2 sampai 3 tetes solution (cairan pembersih khusus softlens), kemudian gosok dengan ujung jari telunjuk (searah) dan bilas lens tersebut dengan solution
* rendam soflens pada tempat lensa kontak dengan solution sesuai dengan aturan yang dianjurkan produsen solution atau pemeriksa mata di optik (biasanya minimal 4-6jam)
* setelah pemakaian 2 minggu rendam lens dengan menggunakan tablet sesuai dengan ketentuan yang dianjurkan, hal ini berguna untuk membersihkan deposit protein yang sulit dibersihkan
* jangan lupa bilas dan bersihkan tempat soflensnya setiap hari


KLIK DISINI UNTUK ---> PANDUAN PEMAKAIAN <---->

0 comments:

 
Toggle Footer
TOP